Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Setting Huawei HG8245H Menjadi Access Point

Cara Setting Huawei HG8245H Menjadi Access Point

Cara Setting Huawei HG8245H Menjadi Access Point - Tutorial kali ini buat karena tuntutan tugas sekolah :v dan buat tambah" artikel.

Sebelum masuk ke Cara Setting Huawei HG8245H Jadi Access Point, Perlu diketahui dlu apa itu access point.


Pengertian Access Point

Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.


Fungsi Access Point

Sebelum menjadikan router jadi access point harus paham dlu fungsi fungsi access point.
Access Point berfungsi pengatur lalu lintas data, sehingga dapat mengkontrol client yang terhubung. sepert
  • Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protecte Access (WPA)
  •  Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
  •  Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server

Jenis 6 Mode Access Point

Beberapa peralatan wireless atau access point memiliki beberapa mode operasi, mode operasi ada dibawah ini.

1. Access Point Mode (AP mode)


AP Mode lebih digunakan untuk mentransfer sambungan kabel ke nirkabel. Ia bekerja seperti switch. Biasanya, peralatan  itu adalah di belakang router. Jika Anda berada di kantor, hotel dan tempat-tempat di mana hanya jaringan kabel tersedia, ada rapat kecil dan situasi lain di mana jaringan nirkabel sementara diperlukan, silakan gunakan Mode AP.

2. Wireless Router Mode


Dengan mode ini, kita dapat berbagi satu koneksi internet kabel ke beberapa klien. Pada saat itu, akan ada satu port WAN. Mendukung beberapa jenis koneksi, seperti Dinamis IP/ Static IP/ PPPoE/ L2TP/ PPTP. Ketika akses Internet dari DSL atau modem kabel yang tersedia hanya untuk satu user, sementara ada lebih banyak pengguna perlu berbagi internet juga, maka silakan gunakan Mode Router.

3. Repeater Mode


Repeater Mode digunakan untuk extender (menambah) jangkauan nirkabel dengan SSID dan keamanan yang sama. Bila kita sudah memiliki jaringan nirkabel, dan ada beberapa tempat yang tidak dapat signal, kita dapat mempertimbangkan Repeater Mode. Dengan Repeater Mode, kita akan memiliki hanya satu SSID. Pada saat itu, klien nirkabel dapat menjelajah di seluruh tempat.

4. Bridge Mode


Bridge mode (meminjam) jaringan internet nirkabel yang telah tersedia dan ia broadcast menggunakan SSID dan password yang berbeda. Aplikasi ini dapat membuat dua jaringan individu untuk dua kelompok pengguna berbagi satu Internet. Untuk restoran kecil, bar, rumah, kantor dan lain-lain di mana layanan internet harus disediakan untuk para tamu tanpa password dari jaringan yang ada untuk host, Bridge Mode adalah pilihan terbaik.

5. Client Mode


Dengan Client Mode, device dapat terhubung ke perangkat kabel dan bekerja sebagai adapter nirkabel (wireless adapter) untuk menerima sinyal nirkabel dari jaringan nirkabel kita. Untuk Smart TV, Media Player, konsol game atau perangkat lain yang hanya memiliki port Ethernet . Gunakan Client Mode untuk membuat perangkat ini dapat akses ke jaringan nirkabel kita.

6. AP Client Router Mode (WISP user Internet sharing)


Dengan AP client router mode, dapat terhubung ke jaringan nirkabel dan berbagi koneksi ke klien. Nirkabel adalah sisi WAN nya. Hal ini juga dapat mendukung IP Dinamis/ Static IP/ PPPoE/ L2TP/ PPTP. Ketika wireless station membatasi jumlah klien atau meminta username/ password untuk terhubung, maka AP Client Router Mode adalah solusinya.


Cara Kerja Access Point

Wireless access point pada umumnya bekerja pada teknologi sirkuit yang dilakukan oleh perangkat komputer pribadi Anda, router dan perangkat jaringan nirkabel seperti wireless access point ini mulai bekerja ketika menghidupkan sistem operasi Anda dan kemudian menyambungkannya dengan jaringan nirkabel dan sewaktu anda memasukkan alamat URL dalam kotak jendela browser Anda yang mendukung wireless access point Anda.


Cara Setting Huawei HG8245H Jadi Access Point

Setelah melalui banyak hal akhirnya masuk ke cara setting nya. 
  1. Reset huawei hg8245h
  2. Untuk cek ip, username, password, ssid ada dibalik modem huawei
  3. Masuk ke jaringan dan buka browser ketik ip nya
  4. Login username: Support  password: theworldinyourhand
  5. Masuk kebagian WLAN - WLAN Basic Configuration Ganti SSID dan passwordnya. Apply
  6. Masuk kebagian LAN - LAN Port Work Mode centang ke empatnya. Apply
  7.  Masuk kebagian LAN - DHCP Server Configuration hilangkan ceklist pada Enable Primary DHCP Server dan Enable DHCP Relay. Apply
  8. Langkah terakhir pilih tab WAN lantas pilih tombol New.
Centang Enable WAN
Encapsulation Mode: Pilih IPoE
Protocol Type: Pilih IPv4
WAN Mode : Bridge WAN
Enable VLAN: Centangnya dihilangkan!
Blind Option: Centang LAN1,LAN2,LAN3,LAN4,SSID
Apply
Sekian tutorial panjang dari saya, pertanyaan kasih dibawah!.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Cara Setting Huawei HG8245H Menjadi Access Point"